Tips Kurangi Kadar Gula pada Makanan dan Minuman

Tips Kurangi Kadar Gula pada Makanan dan Minuman.- Pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat menjadi salah satu penyebab terjangkitnya Diabetes. Kenikmatan makanan dan minuman yang sering kita konsumsi tanpa disadari mengandung zat-zat yang bisa menimbulkan kadar gula dalam darah menjadi meningkat. Banyaknya makanan siap saji yang biasanya mengandung lemak yang tinggi serta bahan pengawet yang ada makanan dan minuman kemasan memicu bertambahnya penderita diabetes saat ini.

Penderita diabetes untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dalam darah, harus mulai memperhatikan konsumsi makanan dan minuman. Kita harus mengenali kandungan dari makanan dan minuman tersebut, apakah beresiko meningkatkan gula darah atau tidak.

Beberapa tips untuk mengurangi kadar gula darah pada makanan dan minuman yang kita konsumsi, antara lain :

  1. Kurangi makanan dan minuman yang terlalu manis, apalagi rasa manisnya berasal dari pemanis buatan. Pemanis buatan bisa menimbulkan gula darah cepat meningkat.
  2. Kurangi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, asupan karbohidrat harusnya diubah menjadi energi, tetapi pada penderita diabetes yang mengalami kerusakan pada pankreas sebagai penghasil insulin, kemampuan memecah karbohidrat menjadi energi sudah berkurang kemampuannya.
  3. Kurangi makanan yang berlemak, makanan berlemak akan memperlambat aliran darah pada tubuh, sementara aliran darah penderita diabetes biasanya mengalami penurunan kelancarannya karena darah kental dan kurang oksigen.
  4. Bila anda membuat jus buah, usahakan tidak menambahkan gula pada jus, karena buah sudah memiliki rasa manis walaupun tidak semanis gula. Tambahkan madu untuk memberi rasa manis pada jus.
  5. Kurangi minuman yang mengandung alkohol dan soda.
  6. Bagi anda yang suka pahit, usahakan minum ramuan atau jamu yang memiliki rasa pahit lebih. rasa pahit bisa mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

Selain mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang bisa menambah tingginya gula darah, anda juga disarankan untuk berolah raga dengan teratur. Usahakan olah raga yang tidak terlalu berat karena stamina pada penderita diabetes sudah mulai menurun. Resiko bila terlalu kelelahan sehabis berolah raga malah bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Konsumsi obat herbal untuk diabetes merupakan pilihan yang tepat agar organ tubuh yang lain tidak terganggu, karena obat herbal tidak memiliki efek samping ketika dikonsumsi. Pilih obah herbal yang bisa membantu anda menrunkan gula darah dan menyehatkan tubuh anda. Klik obatdiabetes.co.id untuk mendapatkan obat herbal yang anda perlukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s